signalFive

Tentang komunikasi data disini ditulis untuk berbagi, jadi jangan sungkan untuk memberikan komentar……….

Dari Ahli Teknologi Hingga Paranormal: SMS Santet, Bohong

Hampir usang nih beritanya, maklum hari-hari terakhir kejaran deadline makin sulit dihindari saja😦 . Langsung aja nih biar nggak nambah telat,hihi.Masuk bulan mei ini marak isu sms yang katanya dapat melayangkan nyawa si pembacanya. Percaya atau tidak sms itu memang ada, namun apa benar pesan singkat yang popular dengan ‘sms santet’ ini benar-benar mematikan?

Setidaknya ada dua versi berkenaan isu sms maut ini, yang pertama adalah munculnya gelombang inframerah berlevel tinggi dari layar LCD ponsel hingga dapat mencabut si pembacanya. Satu skenario lagi malah lebih menggelikan, dimana sms yang dikirim berisi suara berbentuk ancaman pembunuhan yang akan mencabut nyawa si penerima.

Tak heran, dalam hitungan hari saja isu santet melalui sms pun langsung menyebar luas, tidak hanya di daerah Sumatera yang disinyalir sebagai awal munculnya sms berbau ilmu hitam ini. M Fani Bratawijaya seorang warga Petamburan-Jakarta mengaku pernah menerima sms maut tersebut. Pada sms itu tertera : Anda telah dihubungi infrared tegangan tinggi 0866, kemudian Fani terkulai lemas, namun dua hari kemudian kondisi Fani kembali normal.

benar atau tidak, isu sms yang katanya bisa menewaskan tersebut hanyalah sebuah isapan jempol belaka. Bohong? Ya, tidak ada sms yang dapat mencabut nyawa seseorang. Roy Suryo, ahli telematika dalam wawancara di TvOne menjelaskan, menurutnya, secara teknologi tidak mungkin isi sms dapat berubah warna, “apalagi kalau ponselnya monochrome (hitam-putih)” jelasnya. “Sms santet ini dilakukan orang yang tidak bertanggung jawab untuk meresahkan masyarakat melalui media elektronik” tambahnya.

Pendapat berbeda dilontarkan Ki Gendeng Pamungkas, menurutnya santet dengan media sms bukanlah hal mustahil. Namun menurut dia, sampai saat ini hanya dirinyalah yang sanggup melakukan santet via sms. Pamungkas memastikan sms berisi ancaman santet yang beredar luas beberapa hari terakhir hanyalah bohong belaka.

Sementara itu paranormal Ki Joko Bodo mengatakan, sama sekali tidak ada santet lewat sms. Menurutnya, isu santet lewat sms adalah sistem yang dibuat sekelompok orang untuk meresahkan masyarakat menjelang pilpres 2009.

Tidak sedikit pula yang berpendapat jika fenomena isu pembunuhan jarak jauh ini dianggap sebagai promosi AXIS dalam mempromosikan dan menggaet pasar. Pendapat mereka yaitu dengan mengasosiakan nomor awalan sms santet yang 0866 dan 0666 dengan angka serba 6 dalam pen-tarif-an operator baru itu. Namun dalam keterangan resminya pihak AXIS pun menyangkal isu tersebut.

Tidak berhenti disana, Ditjen Postel yang merasa bertanggungjawab dengan isu bohong ini langsung melakukan investigasi bersama pihak kepolisian, dan menyimpulkan hasil penulusurannya jika isu sms santet ternyata hanya perbuatan iseng seorang ABG asal Tanjung Uban Bintan, Kepulauan Riau.

Pada surat kabar harian Batam Pos, ABG itu menerangkan, sms tersebut dikirim saat dirinya tidak ada kegiatan sehingga dia terkenang dengan teman-temannya, kemudian ia iseng mengirimkan sms dengan nada sedikit usil yang berisi himbauan supaya berhati-hati jika menerima telp dari 08666 dengan tampilan warna merah dilayar ponsel karena akan menyebabkan kematian.Dan ia pun menguatkannya dengan berita bohong bahwa sudah ada korban di Jakarta setelah menerima panggilan mematikan tersebut.

Filed under: Out of Topic, , ,

One Response

  1. anggi mengatakan:

    halah..halah…isu yang meresahkan bgt,,,udah pada ga ada kerjaan kyknya…cuma pengen iseng eh satu negara jadi panik,hehehehe…dari ahli telematika ampe ahli nujum eh salah paranormal maksudnya ampe sibuk…wkwkwkwkwkw….:D tapi hebat juga tuh ki pamungkas katanya cuma dia ya yang bisa nyantet lwt sms, kalah dong ki joko bodo….gimana tuh klo diadain duel ki pamungkas vs ki joko bodo, kira2 siapa yg menang ya???
    hahahaha…yah bwt yg lain klo mw iseng diharapkan lebih kreativ dan bermanfaat…oke…???

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: