signalFive

Tentang komunikasi data disini ditulis untuk berbagi, jadi jangan sungkan untuk memberikan komentar……….

SMS Dirasa Mahal?Chating Aja,Lebih Murah

Chating, kini tidak cuma dimonopoli peralatan komputer saja,perangkat telpon genggam alias ponsel pun bisa digunakan untuk berkirim pesan murah meriah ini, yaitu dengan memanfaatkan jalur GPRS dan fitur instant messenger sebagai pengelolanya.

Apa itu IM?
Instant messenger atau pesan singkat mulanya dikembangkan pada sistem operasi UNIX dan jaringan internet. IM sendiri merupakan sebuah teknologi jaringan yang mengizinkan para penggunanya untuk mengirimkan pesan-pesan singkat kepada pengguna lainnya yang saling terhubung dalam jaringan, misalnya internet.

IM merupakan suatu fasilitas teknologi yang mengacu dan dipopulerkan oleh AOL (American Online). setelah mengalami berbagai pengembangan, kini fitur IM pun kian kaya, aplikasi yang berjalan pada jaringan internet ini tidak hanya dapat menyuguhkan chating berbasis teks saja, kita pun bisa melakukan transfer file, komunikasi suara (voice), komunikasi banyak orang (konferensi), maupun video chat.

Nah,jika ingin mencicipi fasilitas IM melalui ponsel maka kita bisa memanfaatkan fasilitas GPRS sebagai jalur datanya. Coba cek dulu, apa ponsel kalian sudah mendukung GPRS?kalau belum,solusi yang paling tepat adalah menggantinya alias beli ponsel baru😀

Lebih Murah…
Harga SMS yang berkisar antara 150 sampai 350 rupiah sebenarnya bukanlah merupakan barang murah. Apalagi jika mengacu pada hasil survei yang dilakukan BRTI dimana ditemukan harga produksi satu kirim SMS yang cuma 55 rupiah saja. Coba kalkulasikan jika operator menjualnya 350 rupiah,maka keuntungannya bisa mencapai 500 persen lebih (mangacu biaya produksi Rp.55/sms). Tidak heran jika pendapatan para operator untuk layanan jalur data ini bisa menyumbang pendapatan sekitar 20% atau kira-kira senilai 105 milyar perhari untuk seluruh operator.Wow..

Bagaimana hitung-hitung menggunakan instant messaging?Matematisnya adalah seperti ini. Dengan menggunakan akses GPRS misalnya. Dengan tarif GPRS yang sekitar 5 rupiah per kB, sedangkan untuk satu kali kirim pesan tidak akan sampai menghabiskan 1 kB, atau jika pun tarif GPRS di-roundup sampai harga 1 kB persatu kirim pesan, maka kita hanya dibebankan biaya 5.000 perak untuk 1000 kali kirim.

Yang patut dicermati ketika menggunakan layanan GPRS ini,dimana tidak cuma si pengirim yang akan dikenakan biaya,yg menerima pesan pun akan dipotong pulsanya. Meski begitu jika dibandingkan dengan biaya kirim SMS tarif menggunakan IM tetaplah jauh lebih murah.

Pada ponsel terkini biasanya telah ditanamkan sebuah aplikasi IM bawaan, jikapun belum,kita bisa menambahkan suatu aplikasi IM buatan pihak ketiga, seperti aplikasi-aplikasi IM berikut.

Mobichat-Gratis (Java, Symbian); mensupport layanan MSN, Yahoo!, AIM Mobile
Agile Messenger – $44.95 (Symbian OS, Palm OS, Windows); MSN, AIM, Yahoo!, ICQ, GoogleTalk
eBuddy-Gratis (Java J2ME, Symbian); MSN, Yahoo!, AIM, GoogleTalk, MySpace
Mig33-Gratis (Java J2ME); MSN, Yahoo!, ICQ , AOL, Google Talk
IM+ – $9.95 (Windows Mobil, , Symbian, Brew, BlackBerry, Java J2ME); AIM, MSN, Yahoo!, ICQ, Jabber, GoogleTalk
Reporo-Gratis (Java J2ME); MSN, Yahoo!, ICQ, AOL, GoogleTalk
YMTiny-Gratis (Java J2ME) ; Yahoo!
YaGo-Gratis (Java J2ME); Yahoo!
Turbo MSN-Gratis (Symbian); MSN
EQO-Gratis (Java J2ME); MSN, AIM, Yahoo!, GoogleTalk, ICQ, Jabber!
Slick-Gratis (Symbian); ICQ, yahoo!, AIM

Filed under: Games & Aplikasi, Teknologi, , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: