signalFive

Tentang komunikasi data disini ditulis untuk berbagi, jadi jangan sungkan untuk memberikan komentar……….

Hati-hati,Fitur Ponsel Cina Tidak Sesuai Brosur

Hingga detik ini setidaknya sudah ada 30an lebih merek ponsel buatan cina beredar di pasar. Dengan jumlah pemain yang begitu banyak tersebut tentu saja akan semakin meruncingkan peta persaingan pasar ponsel cina. Bayangkan jika dari satu merek saja menggelontorkan 10 tipe ponsel, berarti ada sekitar 300an pilihan ponsel alternatif di pasar. Anda akan dibuat pusing ketika akan membeli ponsel berfitur dual-mode ataupun ber-tv tuner yang banyak diusung ponsel2 pabrikan negeri tirai bambu tersebut.

Keinginan konsumen, tentu saja akan memilih ponsel dengan fitur melimpah namun dengan harganya yang murah. Dan begitulah ponsel2 cina ini ditawarkan, fitur-fiturnya yang menarik dan melimpah namun dijual dengan harga jual yang relatif murah.

Sayangnya, memilih ponsel cina tidak segampang yang kita kira. Berbeda ketika kita memilih ponsel merek ternama yang tinggal lihat iklan kemudian tunjuk. Membidik ponsel cina diperlukan kejelian extra, diantara mereka tidak sedikit yang berbuat nakal.

Demi mempertahankan eksistensi pasar dan mendongkrak angka penjualan, ponsel-ponsel cina ini mengambil jalan alternatif dimana mereka mempromosikan fitur-fitur pada ponselnya yang tidak sesuai dengan kenyataan. Misalnya, pada cassing ataupun pada brosur tertulis kamera sebesar 2 megapiksel, namun pada kenyataan hanya mendukung resolusi maksimal 1.3 MP. Selain itu masih banyak kejanggalan pada ponsel-ponsel cina.

– Kamera bohongan. Pada badan ponsel terdapat lubang untuk kamera tapi hanya sebagai pemanis saja, kameranya tidak ada.
– Resolusi kamera tidak sesuai. Resolusi kamera yang tertera badan ponsel atau brosur tidak sesuai dengan kenyataan. Misalnya pada cassing tertera 2 MP, kenyataannya hanya 0.3 MP (VGA)
– Tombol akses pada badan samping ponsel cuma hiasan. Misalnya tombol untuk kamera namun tidak berfungsi, sebab hanya berupa aksesoris saja karena bentuk cassing yang sudah permanen.
– Model cassing mirip ponsel merek terkenal
– Tidak Dual On. Artinya hanya satu kartu yang aktif, padahal pada brosur ditulis dual-on (kedua kartu aktif).
– Aplikasi Java harus khusus. Ada ponsel alternatif yang telah mendukung teknologi Java namun tidak semua aplikasi Java yang beredar dapat diinstallkan.
– Kapasitas baterai tidak sesuai dengan yang tertera pada brosur.
– Bahan cassing kurang bagus, terkadang ada cacat .
– Ada ponsel alternatif yang tidak lolos sertifikasi namun tetap dijual dipasaran. Informasi ponsel-ponsel mana saja yang telah mendapat sertifikasi pemerintah dapat dilihat disini.
– Service centre digabung dengan toko. Ada kemungkinan merek ponsel seperti sifatnya ‘hit and run’ dan tidak mau berinvestasi untuk layanan purna jual. Jika merek ditutup, pemilik toko pun tidak akan mau menanggung kerugiannya. semoga bermanfaat…

Filed under: Out of Topic, , , , ,

3 Responses

  1. infoGue mengatakan:

    artikel anda ada di:
    http://gadget-ponsel.infogue.com/
    http://gadget-ponsel.infogue.com/hati_hati_fitur_ponsel_cina_tidak_sesuai_brosur

    anda bisa promosikan artikel anda di infogue.com yang akan berguna untuk semua pembaca. Telah tersedia plugin/ widget vote & kirim berita yang ter-integrasi dengan sekali instalasi mudah bagi pengguna. Salam!

  2. simbayang mengatakan:

    silahkan aja bpak infoGue😀
    semoga coretan2 sy ini bs memberikan manfaat bagi pengujung disana.amin

  3. […] berapa harganya. Meski demikian, faktor harga yang murah mengindikasikan bahwa calon pembeli harus berhati-hati dan teliti sebelum membeli. Tampaknya produsen cina paham betul kekosongan yang harus dia isi, […]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: