signalFive

Tentang komunikasi data disini ditulis untuk berbagi, jadi jangan sungkan untuk memberikan komentar……….

Evolusi Mobile Broadband

broadband-iconKetika PT Sinarmas Telecom menawarkan sebuah teknologi baru bernama EVDO Rev-A melalui JUMP beberapa waktu lalu, banyak dari tmn2 kynya kebingungan dg produk yang satu ini, mulai dr istilah EVDO sendiri yang memang masih asing, cara pakainya, dukungan perangkatnya, sampai ini itu lainnya. Tapi memang harus dimaklumi keberadaan teknologi EVDO Rev-A di bumi pertiwi ini memang msh kalah pamor dibanding UMTS (WCDMA) yg sudah lebih awal dikenalkan oleh operator2 GSM.

Lantas apa sih EVDO?singkatnya EVDO merupakan generasi ketiga dari keluarga CDMA, sama halnya dengan UMTS yang merupakan generasi ketiga pada jaringan WCDMA (GSM). bedanya kalau pada jaringan 3G jaringan WCDMA generasi UMTS berevolusi menjadi menjadi HSPA, nah kalau pada CDMA dikenal dua jenis EVDO yaitu EVDO Rev-0 yang kemudian akan berevolusi menjadi EVDO Rev-A. Perbedaan2 dari nama diatas terletak pada kemampuan bandwidth masing2, semakin baru generasi maka lebar bandwidth yg dimilikinya pun semakin besar.

Salahsatu keunggulan EVDO dibanding teknologi WCDMA (bisa dipetik dari namanya, EVDO : Evolution for Data Only/Optimized) dimana teknologi EVDO yang hanya akan menelantarkan paket berupa data saja. berbeda dengan WCDMA selain data pada jalur ini akan dibawa juga paket2 voice. teorinya penggunaan data semisal internet akan lebih baik melalui EVDO karena tidak akan terganggu dari pemakaian voice.

Untuk lebih jelas mengenai perkembangan dan besaran masing2 teknologi di atas dapat dilihat pada gambar di bawah. *gambar diambil dari bahan presentasi Harry K Nugraha, Sr Manager & Country Manager-Qualcomm International pada acara Mobile Monday bulan November 2008*

roadmap-evdo1

roadmap-hspa1

rodmap-all1

Sumber gambar : www.id-mobilemonday.com

Filed under: Teknologi, , , , , , , , , , , , , ,

7 Responses

  1. […] oke, kayanya tahun ini bakal terjadi perang layanan internet. operator2 (especially yg gede2) sudah meluncurkan senjata2 layanan datanya, tp yang menarik tentu saja keberanian peserta CDMA yang mengusung teknologi EVDO Rev.A. generasi ini merupakan lanjutan dari Rev.0, tapi dg bandwidth pada yang lebih lebar jadi internetan bisa lebih kuenceng. tentang EVDO Rev.A ini  ceklik disini. […]

  2. Ka!Tok mengatakan:

    dan semoga harga HP-nya juga semakin berevolusi murahnya (lmao)

  3. darvin mengatakan:

    salam kenal,saya user mobi di sby,ternyata ga ada jaringan evdo,cb connect pake user+password di amplop paketnya,ga bs connect,trus telp csnya ternyata must pake jaringan M8 biasa..cm masalah skrg ngga bs browse ke google,dan semua web yg ada google baik ad sense dll,u/ yahoo lancar2,so mgkn rekan2 ada yg bs bantu nih??(sy pake modem cdma speed up3G)…thx…

  4. RiaL mengatakan:

    modem yg sy gunakan vodafone K3520, kira” bisa ga bwt mobi? trus speednya mobi sendiri ?/Kbps

  5. kalman mengatakan:

    Kapan yach layanan EVDO mobi menjangkau makassar…

    • sule mengatakan:

      jangan kan makasar,,,
      daerah serpong tanggerang aja ga kebagian,,
      awal nya waktu pameran d JCC(jakarta),gw salut bgt tuch ma MOBI..
      lalu gw beli,,
      ternyata pas nyampe di rumah(daerah muncul,serpong),,
      GILAAAAAAAAAA!!!!
      LEMOOOOOOOOOOOOT BANGGGGGGGGGET!!!!..
      nyesel gw beli,,
      kadang-2 connect,,kadang-2 ga bisa connect..
      signal bagus 4 bar,

  6. Yopie mengatakan:

    mslh yg saya alami jg sama dikira saya yg mengalami hal spt itu. saya padal menggunakan paket mobi yg modemya IVIO unlimited yg 100rb nyatanya sinyal di kami nol kadang nongol 1 bar. jadi EVDO nya gak muncul cuma bisa di pk CDMA 1x aja itu pun jg gak coneck padahal tempta kami ada dilist yang sudah dukung EVDO rev A. saya sudah mengajukan complain tapi gak ada tanggapan. nyesel saya beli mobi jauh dgn yg ada ket info di pameran pokoknya kecepatannya lbh lambat dari CDMA 1x

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: