signalFive

Tentang komunikasi data disini ditulis untuk berbagi, jadi jangan sungkan untuk memberikan komentar……….

bit Bukan ‘..Bait’

Awalnya blog ini saya haramkan untuk kegiatan krg bermoral seperti copy-paste, tapi setelah dipikir2 apa  salahnya dibuat sedikit ‘open source’?  selama informasi akan memberikan manfaat bagi kita semua knp tidak di share disini? toh hadirnya blog ini juga untuk berbagi. tapi meski cuma copas2, orisinalitas buah tangan si penulis tetap saya jaga baik. misalnya tulisan berikut yg saya terima dari tmn2 milis Guyoon-Yook beberapa jam lalu,silahkan dibaca dengan tenang….

biaya akses internet di indonesia semakin murah ternyata bukan isapan nenen belaka.  indosat 3G mengeluarkan paket 100 ribu/bulan unlimited (pakai kartu matrix).  rekan seperjuangannya, IM2, juga mengeluarkan paket RP 160 ribu/bulan unlimited.  walaupun sama2 pake jaringan indosat, pemakai matrix
punya sedikit kelebihan yaitu masih bisa menggunakan kartunya untuk voice maupun sms. sedangkan kartu IM2 hanya bisa dipake untuk data saja.  telkomflash juga pernah mengeluarkan paket 125 ribu/bulan unlimited.

selain cepat karena pakai jaringan 3G (teoritis up to 3.6 Mbps),  kelebihan dari akses internet dgn jalur telepon selular itu ya karena sifat mobile nya. kita bisa ber-internet saat nunggu antrian dipanggil dokter gigi hingga saat buang hajat di wc (water closet, wiro blo’on!). mau email2an atau sekedar liat foto maria ozawa terbaru, tidak lagi dibatasi ruang dan waktu. hal yg tidak bisa dilakukan untuk jenis koneksi wireline seperti telkomnet instan, speedy, cable modem, dsb. .

dengan semakin banyaknya pengguna mobile internet ini, telkom speedy makin gencar mempromosikan produknya agar tidak ditinggalkan konsumen. saya tidak tau persis spesifikasi produknya seperti apa.
yg jelas, ketika semalam melihat iklannya di tv, ada kesalahan yg sangat fatal pada iklan itu.
disebutkan bahwa kecepatan speedy sekarang adalah 1 Mbps (1024 kbps). tapi cewek yg ngomong di iklan itu menyebutkannya “satu megaBYTE (diucapkan ‘bait’) per second”, bukan “satu megaBIT per second”.
bagi orang awam (atau ‘pakar telematika’ selevel roy suryo/ mahabarata/kenthung/bebas misalnya) mungkin hal ini bukan masalah besar. tapi bagi yg ngerti, iklan itu bukan hanya bodoh, tapi penipuan. masalahnya, satu BYTE itu sama dengan 8 BIT. jadi jelas satu megabyte jauh lebih banyak (alias 8x lebih banyak) dari satu megabit. ini sama saja dengan mengatakan bahwa MiG 25 foxbat itu kecepatannya 3x kecepatan cahaya, bukan 3x kecepatan suara.

tidak sedikit orang yg menyepelekan masalah satuan ini. kilo yg artinya seribu seharusnya disingkat “k” bukan “K”. karena “K” sudah dipakai untuk satuan suhu, yaitu Kelvin. begitu juga satuan data, byte seharusnya disingkat “B”, sedangkan bit disingkat “b”. jadi menuliskan seratus kilobyte yg benar adalah 100kB, bukan 100kb atau 100KB atau 100Kb. jadi KB itu bukan kilobyte atau kelvin byte, tapi Keluarga Berencana. semua itu sudah ada dalam standar satuan metrik internasional.
***di kutip dari milis Guyoon-Yook

Filed under: Out of Topic, , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: