signalFive

Tentang komunikasi data disini ditulis untuk berbagi, jadi jangan sungkan untuk memberikan komentar……….

Hati-hati Memuat Data Pribadi di Facebook

facebook_apa sih facebook?hehe. oke2, teman2 pasti kenal dong sama facebook? atau malah udah kecanduan? wah bahaya😀. tapi emang bener juga sih, siapa coba yang gak kenal facebook? saya sendiri hampir setengah tahun ini setiap harinya mampir ke facebook, padahal daftar di facebook awalnya ogah2an juga karena males ngisi2 identitas ini-itu, tapi karena teman2 kantor yang begitu keranjingan, yah kepaksa deh.

alih-alih kepaksa eh ujung-ujungnya malah ketagihan, apalagi internet di kantor nggak ngeblok alamat IP situs jejaring pertemanan buatan amrik ini, ditambah makin banyak juga teman2 yang migrasi dan aktiv di facebook makin gak kebendung saja untuk iseng2 di facebook,hehe.ahh facebook memang sudah membius ‘otak sehat’ saya😀 tapi harus diakui, facebook memang nawarin banyak kelebihan dibanding situs pertemanan sejenis padahal tampilannya monoton biru-putih,coba klo template-nya bisa diganti2 seperti friendster kayanya banyak tuh abg-abg yang pindah ke facebook,tapi jangan ah ntar facebook jadi ajang narsis2an apalagi kalo udah nama diganti aneh2 ‘cuape dechh’.

menurut saya keunggulan facebook adalah suasana tali pertemanan yang lebih terasa. di facebook setiap ada perubahan profile teman pasti bakal ditayangin pada halaman kita,uniknya lagi kita pun bisa mengomentarinya langsung. tapi buat saya facebook enaknya buat cela2an,apalagi klo ada foto yang rada senewen pasti langsung saya hujat,biar tambah rame biasanya saya ajak juga teman2 lain biar pada ikut2an mojokin tuh foto,haha

tapi akhir2 ini saya koq agak miris sama facebook. ceritanya begini, seminggu terakhir koq banyak orang gak dikenal nge-add saya. awalnya tentu saja saya approve tanpa banyak pikir, mungkin saja teman lama atau temannya temen gitu, eh besok2nya dua hari berturut-turut koq malah makin rame saja orang gak saya kenal ikut2an nge-add. saya tilik di ‘common friends’ orang2 yang nge-add ini tidak ada yang mereferensi dari temen2 yang saya kenal, malah yang ditampilkan adalah orang yang tidak dikenal tadi. hmmm, jadi curiga, apalagi akhir2 ini banyak kasus penipuan di dunia maya atau melalui perangkat seluler.

koq bisa? ya bisalah wong di internet ini (baca: facebook) data2 pribadi kita bisa dengan mudah dilihat orang lain. saran saya bagi pengguna facebook, lebih berhati2lah berteman dengan orang gak dikenal, bila ada orang asing nge-add anda janganlah langsung di approve, setidaknya perhatiakan dulu referensi tmn2 facebook yg sudah ada di ‘common friends’ atau cobalah email2an dulu untuk sedikit mengenal orang tersebut. satu lagi, jangan pernah pampang data2 pribadi seperti nomor telpon di internet (saya sih masih nyantumin nomor hape di facebook tapi bukan nomor yang major,hehhe).ingat ingat ingat, internet adalah ruang public yang gampang diacak2.

Filed under: Out of Topic, , ,

5 Responses

  1. jayagila mengatakan:

    pas gw ikut aplikasi games di facebook ada juga beberapa bule nyasar yang nge-add gw…
    pas gw approve trus gw tanya ternyata alesanya cuma mau jadi sekutu ma gw di aplikasi game itu…🙂

  2. Endra mengatakan:

    Selain kelebihan FACEBOOK diatas masih banyak juga kelebihannya, seperti kasus saya ternyata FACEBOOK dapat dg cepat mempertemukan saya dengan teman – teman semasa SD, SMP dan SMA dulu, dimana saya sendiri benar – benar sudah “lost contact” dg mereka. Hanya dg modal “Nama Sekolah” di search di grup bisa ketemu dg teman – teman lama.
    Saya rasa satu – satunya kelemahan FACEBOOK adalah terlalu banyak “user” sehingga kadang susah untuk “connect” dan juga lama untuk log in, tapi sekarang team FACEBOOK sedang menguji coba FACEBOOK versi LITE, yang lebih cepat dan ringan (pengurangan beberapa fitur tambahan). Anda bisa login http://www.lite.facebook.com dengan menggunakan id FACEBOOK anda yg lama.
    Menanggapi komentar diatas, di awal page kan bisa dilihat “Facebook helps you connect and share with the people in your life”, anda mudah “add as friends”, “share with friends”, “search for friends” dan lain – lain. Kalo mendapat “friends reguest”, dg kita meng “Add” dia maka kita bisa melihat “profile” mereka. kalo anda tida suka, anda bisa “remove” dia dari daftar teman kita. Pokoknya kalo di FACEBOOK, “everything is in our hand”. Semua bisa kita setting, semua data yg mau di share bisa dibatasi untuk “everyone/friends/friend of friend/me only” dan masih banyak lagi, tinggal kitanya aja ada waktu ‘gak untuk mempelajari fitur – fitur yg ada di FACEBOOK. Biasanya sih orang – orang tinggal pake aja, ada fitur data pribadi…isi, ada fitur foto…upload, dll

  3. Lika mengatakan:

    btul…
    q jga pernah baca di majalah kalo da cewek yang sering ditelponin ma orang luar negeri.
    gara-garanya nyantumin nomer teleponnya di facebook,,n setelah diusut ternyata nomernya dia tiba-tiba ada di jejaring web psk internasional…
    hiii,,,takuuuut…!!!

  4. cars mengatakan:

    A little bit of knowledge goes a long way in all situations in life.
    Buying a car is no different! That means you need to read advice from experts,
    as detailed below, to ensure that when you shop
    for that car, you really know what you’re doing and how to get the best deal.

  5. I’m amazed, I have to admit. Seldom do I encounter a blog that’s equally educative and entertaining,
    and without a doubt, you’ve hit the nail on the head. The problem is an issue that not enough folks are speaking intelligently about. Now i’m very happy that I found this in my hunt for something relating to this.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: